Psikologi Pendidikan ; Inteligensi
21.45
Beberapa
pakar mendeskripsikan inteligensi sebagai keahlian untuk memecahkan masalah (problem-solving). Yang lainnya
mendeskripsikannya sebagai kemampuan untuk beradaptasi dan belajar dari
pengalaman hidup sehari-hari. Dengan mengombinasikan ide-ide ini kita dapat
menyusun definisi inteligensi yang
cukup fair. Keahlian memecahkan masalah dan
kemampuan untuk beradaptasi dan belajar dari pengalaman hidup sehari-hari. Tetapi
bahkan definisi yang luas ini tidak memuaskan semua orang.
Minat
terhadap inteligensi sering kali difokuskan pada perbedaan individual dan
penilaian individual. Perbedaan individual adalah cara dimana orang berbeda
satu sama lain secara konsisten dan tetap.
Definisi Inteligensi
Inteligensi
bagai listrik, mudah diukur namun hamper mustahil untuk didefinisikan.
Terman :
Inteligensi adalah kemampuan seseorang untuk berpikir secara abstrak.
Thorndike
: Inteligensi adalah kemampuan dalam
memberikan respon yang baik dari pandangan kebenaran atau fakta.
Wechler
: Inteligensi sebagai totalitas
kemampuan seseorang untuk bertindak.
Ciri-ciri Perilaku
·
Inteligen
Tinggi
o Kemampuan
untuk memahami dan menyelesaikan masalah mental dengan cepat
o Kemampuan
mengingat tinggi
o Kreativitas
tinggi
o Imajinasi
yang berkembang
·
Inteligen
Rendah
o Perilaku
lamban
o Tidak
cepat mengerti
o Kurang
mampu menyelesaikan masalah mental yang sederhana
Faktor Keberhasilan
dalam Belajar
·
Internal
o Fisik
: panca indera, kondisi fisik
o Psikologis
: kognitif (bakat, inteligensi)
·
Eksternal
o Fisik
: kondisi tempat belajar, sarana dan perlengkapan belajar, materi belajar,
kondisi lingkungan belajar
o Sosial
: dukungan sosial, pengaruh budaya
0 komentar