Coldplay

06.18

Apa yang terlintas pertama kali kalau kalian dengar kata 'Coldplay' di telinga kalian? Pastinya kalian bakal langsung teringat dengan lagu-lagu hits mereka yang udah ga asing lagi; Viva la Vida, Paradise, Fix You, A Sky Full Of Stars. Banyak lagi hits mereka yang ga bisa dijabarkan satu-satu.


Sebelum aku ceritain bagaimana hatiku bisa tergaet ama Coldplay (eeaaa), aku mau ceritain sedikit sejarah Coldplay dari awal sampai sekarang. Singkat aja tapi yaaa.

Chris Martin dan Jonny Buckland pertama kali bertemu saat pekan orientasi di University College London (UCL) pada bulan September 1996. Mereka menghabiskan tahun terakhir di universitas untuk membentuk sebuah band, akhirnya mereka membentuk sebuah kelompok yang diberi nama "Pectoralz". Guy Berryman, yang sekelas dengan Martin dan Buckland, bergabung dengan grup ini. Lalu, pada tahun 1997, mereka mengganti nama bandnya menjadi Starfish, mereka tampil dipertunjukan lokal yang di promotori oleh klub-klub kecil. Martin juga telah merekrut teman sekolahnya dulu yaitu,Phil Harvey, yang sedang study di Oxford, untuk menjadi manajer band. Lineup band ini selesai ketika Will Champion bergabung. Band ini akhirnya mengganti nama lagi dengan nama "Coldplay" yang diusulkan oleh Tim Crompton, seorang mahasiswa lokal yang telah menggunakan nama itu untuk kelompoknya. Pada tahun 1997, Martin bertemu dengan mahasiswa Classics, Tim Rice- Oxley. Saat akhir pekan di Virginia Water, mereka meminta satu sama lain untuk bermain piano. Martin, mengetahui Rice-Oxley sangat berbakat, dan Martin memintanya untuk bergabung menjadi pemain keyboard Coldplay, tapi Rice-Oxley menolaknya karena dia sudah mempunyai band sendiri yaitu, Keane.

Pada tahun 1998, band ini merilis 500 copy untuk Safety EP, yang berisi tiga lagu. Sebagian disc diberikan kepada perusahaan rekaman dan teman-teman, hanya 50 copy yang dijual untuk publik. Pada bulan Desember tahun itu juga, Coldplay menandatangani kontrak dengan label independen Fierce Panda. Lalu mereka merilis tiga lagu pada Brothers and Sisters EP, yang direkam selama empat hari pada bulan Februari 1999.

Setelah menyelesaikan ujian akhir mereka, Coldplay menandatangani kontrak dengan Parlophone untuk kontrak lima album di musim semi tahun 1999. Setelah membuat penampilan pertama mereka di festival Glastonbury, band ini masuk ke studio untuk merekam EP ketiga berjudul The Blue Room. Lima ribu copy dibuat dan disediakan untuk publik pada bulan Oktober, dan single "Bigger Stronger", dikirim pada BBC Radio 1 untuk diputar. sesi rekaman untuk The Blue Room banyak masalah. Martin sempat mengeluarkan Champion dari band, tapi kemudian memintanya untuk kembali, dan karena kesalahannya, mereka pergi untuk pesta minum. Akhirnya, band ini berhasil mengatasi perbedaan mereka dan membuat aturan baru untuk menjaga kelompok supaya utuh. Terinspirasi oleh band-band seperti U2 dan R.E.M., Coldplay memutuskan untuk bertindak adil, dimana keuntungan akan dibagi sama rata. 

Beberapa album yang sudah dirilis yaitu :


  1. Parachutes (10 Juli 2000)
  2. A Rush of Blood to the Head (26 Agustus 2002)
  3. X&Y (6 Juni 2005)
  4. Viva la Vida or Death and All His Friends (25 Mei 2008)
  5. Mylo Xyloto (24 Oktober 2011)
  6. Ghost Stories (19 Mei 2014)
  7. A Head Full of Dreams (4 Desember 2015)

Nah, setelah membahas sedikit sejarah Coldplay, aku bakal langsung bahas bagaimana aku bisa jatuh hati dengan msuik-musik mereka.
Tahun 2011. Tahun dimana aku mulai kenal Coldplay dari salah satu tweet seniorku yang mengatakan kalau salah satu lagu pengantar tidurnya adalah lagu Coldplay yang berjudul 'Fix You'. Awalnya kupikir Coldplay itu band metal rock kasar keras gila (riweuh euy), dan untuk menuntaskan rasa penasaranku, dan segera cek YouTube mereka. Rasanya seperti jatuh cinta pada pandangan pendengaran pertama...
Setelahnya, isi laptopku penuh dengan lagu dan foto mereka saat konser. YOU HAVE TO CHECK THEM TOO ! Confetti, fireworks, kerlap-kerlip Xylobands... Ugh, ingin sekali nonton konser mereka tapi mah apa daya gaada uang huhu bisa nonton bioskop aja udah syukur.

p.s : kalau kamu juga seorang Coldplayer (esseh wkwk), WE HAVE TO BE BEST FRIEND BIKOZ WE'RE SO FABULOUS TOGETHER !!!

And the last, kupersembahkan kepada kalian, salah satu lagu Coldplay favoritku (dan jutaan umat lainnya).
Luvvv!


You Might Also Like

0 komentar